Qurban Murah di Flores

Bismillah,

Saudara-saudarku sekalian. Qurban adalah ibadah yang mulia. Sampai-sampai ada ancaman bagi orang yang mampu namun tidak mau berqurban. Seperti sabda rasulullah shalallhu’alihi wasallam berikut ini :

“Dari Abu Hurairoh ra berkata, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda: Barang siapa yang mempunyai kecukupan untuk berkurban dan ia tidak suka berkurban. Maka janganlah dekat-dekat di tempat sholatku.” (H.R Ahmad)

Ancaman diatas cukup keras, dibenci rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam. Sementara kita sebagai umatnya sangat membutuhkan syafaat beliau di hari akhir kelak.

Apakah akan selamanya kita beralasan tidak mampu ? sampai kapan ?

Banyak kisah yang kita dengar tentang orang-orang yang tidak mampu, namun berniat kuat untuk berkurban, sampai akhirnya mereka mampu berqurban. Seperti kisah berikut ini :

  1. Tukang becak yang menabung selama 10 tahun untuk berkurban sapi

http://news.liputan6.com/read/719831/video-menabung-10-tahun-tukang-becak-berkurban-sapi

  1. Pemulung yang berjuang untuk berqurban

https://id-id.facebook.com/notes/jeffrey-bj/kisah-idul-adha-pemulung-yang-berjuang-untuk-berkurban/10151233662679929

  1. Qurban Sang Nenek

https://www.facebook.com/GeraiBukuMuslim/posts/369863893143908

 

kisah-kisah diatas harusnya cukup untuk menampar kita-kita yang kerja dari jam 8-4 atau jam 9-5. Juga untuk kita-kita yang berangkat dari rumah masih gelap dan pulang ke rumah dalam kondisi gelap pula.

Ayo saudara-saudaraku sekalian niatkanlah yang kuat dalam diri kita ini, bahwa kita mampu untuk berqurban. Ketika setan datang menggoda kita, agar kita tidak jadi berqurban (dia mengingatkan berbagai barang-barang yang belum kita beli, semacam handphone, sepeda, motor, tv, kulkas, sepatu, atau budget rencana liburan dll), segeralah berta’awudz (a’udzubillahiminsysyaitonnirrojiim), meminta perlindungan kepada allah. Dan kokohkan niat kita untuk berqurban dan ingat akan ganjaran yang akan Allah berikan kepada kita.

Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasulullah Shalallahu’alayhi wa sallam, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” [HR. Ahmad dan ibn Majah]

Dapatkah kita menghitung bulu kambing sembelihan tsb ?

Tidak ! Maka bayangkanlah pahala yang dijanjikan oleh allah dan rasulnya shalallahu’alaihi wasallam ini.

 

Selain itu, ada esensi yang lebih dalam dibalik ibadah qurban ini, yakni :

Berkurban adalah sebagian dari syiar agama Islam

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” [Qur’an Surat Al Hajj : 34]

Di daerah yang mayoritas nasrani seperti flores, syiar islam ini harus ditunjukkan untuk membuat masyarkat muslim lebih pede memeluk agamanya. Karena di tempat-tempat seperti ini rawan pemurtadan jikalau iman tidak kuat.

Di daerah adonara penduduk muslim dan kafir persentasinya bisa dibilang 50:50. Menurut penuturan ustadz doni  (Imam di Masjid Blok M Square) , perhatian masyarkat adonara tentang qurban sangatlah minim. Tidak sedikit orang kaya yang mampu berqurban namun tidak berqurban. Banyak hal yang membuatnya berlaku seperti itu, salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman islam di daerah ini dan minimnya da’i yang datang kesana untuk berdakwah. Tidak sedikit pula orang yang tidak mampu berqurban. Karena ekonomi orang disana bisa tergolong lemah.

Bahkan ada cerita di iedul adha tahun 1433 Hijriah, ketika ustadz doni berkunjung ke desa adonara. Hanya ada seekor kambing yang diqurbankan disana. Sangat mengkhawatirkan, padahal di desa tersebut ada 3 kampung, namun hanya 1 ekor kambing yang di qurbankan.

Ketika iedul adha tahun kemaren 1435 Hijriah, ustadz doni melakukan penyuluhan (dakwah) kepada warga desa untuk berqurban, mengingatkan tentang pahalanya dan memberitahu ancaman yang diberikan kepada orang yang tidak mau berqurban, padahal ia mampu.

Selain itu ustadz doni pun melakukan terobosan baru, beliau mengajak orang-orang Jakarta untuk melakukan qurban di flores.

Langkah yang dilakukan ustadz doni terbilang inovatif, beliau berkoordinasi dengan kakaknya untuk membeli kambing muda, lalu beliau (kakaknya) urus kambing tersebut selama 6 bulan sebelum iedul adha. Sehingga harga kambing terjangkau, terutama bagi orang Jakarta. Sehingga, kini dengan harga 1,3 juta kita bisa berqurban. Faedah berqurban di flores ini :

  1. Syiar islam di bumi flores akan makin tampak.
  2. Menguatkan hati saudara-saudara kita disana akan agama ini.
  3. Bentuk kepedulian terhadap sesama muslim, meskipun jauh, beda warna kulit, beda bahasa namun kita semua bersaudara.
  4. Membantu perekonomian saudara muslim kita disana.
  5. Dengan harga yang murah meriah, kita masyarakat yang menengah ke bawah tidak terlalu berat untuk melaksanakan ibadah qurban. Dengan harga hanya 1,3 juta, kita sudah bisa berqurban.

Info lebih lanjut tentang kegitan berqurban di flores ini, bisa langsung menghubungi ustadz doni di nomor berikut : 081388425952

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: